MARI WUJUDKAN INDONESIA YANG BERKESELAMATAN dengan 1. MANAJEMEN KESELAMATAN JALAN 2. JALAN YANG BERKESELAMATAN 3. KENDARAAN YANG BERKESELAMATAN 4. PERILAKU PENGGUNA JALAN YANG BERKESELAMATAN 5. PENANGANAN PASCA KECELAKAAN. MARILAH MENJADI PELOPOR KESELAMATAN JALAN

Wednesday, January 8, 2014

Merawat Sabuk Pengaman Mobil




Sabuk pengaman adalah salah satu fitur keamanan terpenting di mobil Anda yang patut dirawat agar tingkat keamanan Anda berkendara bisa terjaga. Untuk mencegah kerusakan di sabuk pengaman, sebaiknya lakukan perawatan yang benar, misalnya, membersihkannya dengan  menggunakan bahan pembersih yang berkualitas baik. Selain itu, coba ikuti beberapa tip ini:




  • Hindari merokok di mobil.  Percikan api yang jatuh dapat melubangi permukaan sabuk pengaman mobil. Dan jika ini terjadi, Anda tidak akan bisa memperbaikinya sehingga harus menggantinya dengan yang baru. Sebaiknya merokoklah  sebelum Anda masuk ke dalam mobil. Atau, bukalah jendela dan peganglah rokok di luar jendela mobil.  
  • Gunakan pembersih untuk vinyl, seperti STP atau armorguard. Penggunaan produk ini akan mengurangi kelembapan di sekitar permukaan sabuk pengaman dan melindungi dari sengatan matahari yang dapat menimbulkan keretakan di permukaan sabuk pengaman setelah digunakan beberapa tahun.
  • Kembalikan pada keadaan semula, setelah Anda menggunakan sabuk pengaman. Biasakan melakukan hal ini untuk menghindari posisi sabuk pengaman tertekuk yang dapat mengurangi elastisitasnya. Tanda dari sabuk pengaman yang sudah tidak lagi layak untuk dipakai adalah jika setelah digunakan, posisinya tidak mau kembali lagi dalam keadaan tegak dan rapih.    
  • Lumasi pengunci. Setiap dua bulan, lakukan pelumasan (misalnya dengan WD 40) untuk pengunci sabuk pengaman di samping tempat duduk depan dan belakang. Ini untuk mencegah terjadinya karat di dalamnya. Karena jika ini terjadi maka pengucian sabuk pengaman menjadi kurang optimal dan  dapat dapat membahayakan keamanan berkendara.   
  • Jangan tunda pembersihan.  Bersihkan segera dengan kain halus jika sabuk pengaman terkena kotoran atau tertumpah minuman. Karena semakin lama Anda menundanya, maka semakin susah untuk dibersihkan.

No comments:

Post a Comment