MARI WUJUDKAN INDONESIA YANG BERKESELAMATAN dengan 1. MANAJEMEN KESELAMATAN JALAN 2. JALAN YANG BERKESELAMATAN 3. KENDARAAN YANG BERKESELAMATAN 4. PERILAKU PENGGUNA JALAN YANG BERKESELAMATAN 5. PENANGANAN PASCA KECELAKAAN. MARILAH MENJADI PELOPOR KESELAMATAN JALAN

Wednesday, January 8, 2014

Penyebab Kecelakaan


Lalu lintas ditimbulkan oleh adanya pergerakan dari alat-alat angkut, karena ada kebutuhan perpindahan manusia dan atau barang. Unsur-unsur sistem transportasi adalah semua yang dapat berpengaruh terhadap lalu lintas. 
Di ant
ara faktor-faktor pokok penyebab kecelakaan menurut Wells (1993) yaitu : kerusakan kendaraan, rancangan kendaraan, cacat pengemudi, permukaan jalan dan rancangan jalan. Faktor-faktor penyebab kecelakaan dikelompokkan menjadi 3 meliputi (Hobbs, 1995) : pemakai jalan, kendaraan dan lingkungan jalan raya.

1.   Faktor manusia (pemakai jalan) 
Pada umumnya semua faktor yang penyebab kecelakaan lalu lintas tidak berdiri sendiri, tetapi merupakan kombinasi dari berbagai penyebab. Karakteristik pemakai jalan antara lain usia, jenis kelamin dan tingkat sosial (Oglesby dan Hick, 1988). Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemakai jalan sehingga terjadi kecelakaan lalu lintas adalah kecepatan yang berlebihan, lengah, salah anggapan, sikap panik dari orang-orang yang tidak berpengalaman (Hobbs, 1995). 

2.   Faktor kendaraan 
Jumlah kendaraan yang ada pada saat ini mengalami peningkatan, terbukti dengan banyaknya kendaraan yang berlalu lalang di ruas-ruas jalan khususnya daerah perkotaan. Kenaikan jumlah kendaraan yang melalui ruas jalan akan menambah angka LHR (Lalu Lintas Harian Rata-Rata). Dengan demikian lalu lintas menjadi padat karena kenaikan jumlah kendaraan tersebut tidak sebanding dengan penambahan ruas jalan. Kendaraan dapat menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas bila tidak dikemudikan sebagaimana mestinya, sehingga akibat dari kondisi tekniknya yang tidak layak jalan, atau penggunaan kendaraan yang tidak sesuai aturan. 

3.   Faktor jalan dan lingkungan 
Faktor jalan dapat menjadi faktor penyebab kecelakaan bila jalan tersebut tidak sesuai dengan aturan yang ada atau sudah mengalami kerusakan yang ditimbulkan oleh pembuatan yang tidak sesuai aturan atau memang sudah tua. Kerusakan pada permukaan jalan, kontruksi jalan rusak atau tidak sempurna, geometri jalan kurang sempurna merupakan sebagian dari masalah jalan yang mengakibatkan terjadinya kecelakaan.   Lingkungan merupakan salah satu yang dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas, tetapi bisa berhubungan dengan faktor penyebab kecelakaan lain terutama faktor manusia. Sebagian dari pengaruh lingkungan adalah cuaca, asap kendaraan ataupun dari industri dan pandangan sekitar.

No comments:

Post a Comment